Optimalkan Tumbuh Kembang Anak : Health Talkshow Edelweiss Hospital

August 19, 2024


Merayakan 4 tahun anniversary Edelweiss Hospital membuka one stop service layanan Mother and Children. Semenjak dibuka pada tahun 2020, Edelweiss Hospital tidak berhenti berinovasi. Tahun ini layanan Centre of Excellent ada pada layanan Mother and Children. Tujuannya ingin menjadi pusat layanan terpadu Ibu dan Anak di Edelweiss terutama untuk layanan kesehatan ibu hamil, bayi baru lahir dan anak-anak.

Sebagai bentuk dukungan bagi Ibu dan Anak. Pada perayaan anniversary keempat ini, edelweiss hospital mengadakan health talkshow dengan tema Sudah Optimalkah Tumbuh Kembang Anakku? talkshow ini diisi oleh para expert dibidangnya. Pembawa acara oleh dr.Filla Reviyani Suryaningrat, Sp.A dengan narasumber dr.Faisal, SpA (K).,M.Kes, Fufu Elmart dan Canun Kamil

Sudah Optimalkah Tumbuh Kembang Anakku?



Tema ini sangat menarik nih, apalagi buat orang tua baru seperti saya. Health talkshow ini beneran membuka pikiran dari banyaknya mitos soal pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebelum makin panjang. Saya akan bagikan isi daging dari talkshow ini ya.

Pertumbuhan dan Perkembangan anak itu adalah


Menurut dr. Faisal pertumbuhan anak itu penting. Pertumbuhan itu merupakan ciri unik dari seorang anak dari mulai dalam kandungan, fase bayi, fase anak sampai dengan fase pubertas. Untuk pertumbuhan ini sesuatu yang bisa diukur seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan jadi sesuatu yang bisa dilihat oleh orang tua. Ini merupakan indikator objektif yang bisa diukur dengan alat ukur bukan dengan 'katanya' hehe.

Pertumbuhan anak yang normal bisa dilihat dari tinggi badan yang memiliki angka statis dibandingkan dengan berat badan yang sangat fluktuatif. Indikator tinggi badan ini dipakai juga dalam nilai kesejahteraan negara.

Pertumbuhan normal pada anak adalah pertumbuhan anak yang sesuai dengan potensi Genetiknya. Bisa dilihat jelas pada kurva pertumbuhan WHO. Namun tidak semua pertumbuhan anak itu harus normal sesuai kurva, asalkan memang sesuai dengan potensi genetiknya. Selain faktor genetik dari orang tua, ada juga faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan anak diantaranya nutrisinya, hormon, lingkungan dan well being (kesejahteraan).

Selain faktor lain ada faktor yang seringkali terlewat oleh orang tua yaitu faktor pengasuhan. Karena pengasuhan yang baik itu sangat menunjang pertumbuhan anak seperti asah asih asuh yang maksimal, tidak ada kekerasan, tidak ada penelantaran, menyayangi dengan baik.

Kalau orang tua merasa anaknya yang memiliki gangguan pertumbuhan, jangan lupa untuk segera bawa ke dokter agar dilakukan pemeriksaan menyeluruh biar gak termakan katanya-katanya ya bund hehe.

Faktor Pengasuhan Pada Anak


Ngomongin soal faktor pengasuhan pada anak, Canun Kamil seorang penulis 116 buku best seller tentang parenting memberikan pendapatnya bahwa tantangan terbesar sebagai orang tua dalam mengasuh anak adalah tidak adanya sekolah formal untuk menjadi orang tua

Di era pesatnya informasi saat ini, kebanyakan para orang tua tidak mau direpotkan oleh anak sehingga banyak sekali yang memberikan gadget sebagai solusi. Padahal kenyataannya anak yang betumbuh itu adalah anak yang aktif bukan anak yang diam. Faktanya setiap orang tua itu pasti akan direpotkan oleh anak. Lebih baik direpotkan anak saat kecil atau saat mereka sudah dewasa? hayooh pilih yang mana parents?

Tugas orang tua itu bukan untuk memenuhi keinginan anak, karena setiap manusia itu perlu belajar untuk merasa kecewa. Tugas orang tua adalah memenuhi kebutuhan anak salah satunya Maturitas. Bagaimana caranya jadi orang tua agar jadi orang tua yang penting dan memberikan pengaruh yang baik untuk anak tapi tidak menjadi orang tua yang otoriter.

Untuk mendapatkan anak yang dewasa dan bahagia, orang tua perlu menjadi pasangan yang harmonis dulu. Karena emosi orang tua itu bisa dirasakan oleh anak. Anak bisa jadi salah mendengar tapi tidak salah untuk meniru. Makanya perlu manajemen emosi yang baik sebagai orang tua.

Kesimpulan

Jika mengalami kondisi anak tidak baik-baik saja segera analisis dan temukan solusi yang tepat untuk memperbaikinya. Jangan lupa peran ayah dan ibu sangat penting bagi kelangsungan pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadilah pasangan yang harmonis dan orang tua yang bahagia.

You Might Also Like

0 Comments